Lilypie 4th Birthday TickerLilypie 3rd Birthday Ticker

Saturday, July 12, 2008

Fingerprint Test Dhisa

Sabtu pagi, jam sembilan lewat dikit, gw nyampe ke Graha Mampang, kantornya DPI. Sebuah HR consulting yang kebetulan menawarkan fingerprint test (FTP) for multiple intelligence. Gw termasuk salah satu dari rombongan dari milist ayahbunda-online yang mengambil tes ini. Rombongan dari milist ayahbunda-online terdiri dari 3 kloter. Gw termasuk di kloter 2 (Dhisa) dan kloter 3 (Dhimas). Mengingat FTP masih baru dan harganya yang mahal menurut gw. Untuk satu anak, biaya tesnya adalah 1 juta rupiah, itupun karena gw ikutan milis ayahbunda-online, kalo kolektif bisa dapet discount lebih banyak. Kalo gw cuma sendiri, biaya tesnya 1jt 250rb. Lumayan banget kan bedanya.

Kalo untuk gw pribadi, ikut tes ini tujuannya adalah supaya gw tau minat dan bakat Dhisa & Dhimas lebih dini sehingga gw bisa mengarahkan sesuai dengan minat dan bakatnya. Dan yang lebih penting adalah menghindari les yang tidak perlu. Contoh aja nih, sekarang gw dan suami, udah ngebayangin nanti Dhisa & Dhimas harus ikut les musik, berenang, sempoa. Padahal sebenarnya perlu tidak anak anak gw ikut les itu? Kalo dari pandangan kita sebagai ortu, pasti perlu. Karena perkembangan pendidikan anak jaman sekarang makin maju, kalo tidak diimbangi les kayak gitu, pasti ketinggalan. Nah... kalo buat anaknya sendiri, apa gak kasian kebanyakan kegiatan les kayak gitu? Apakah emang perlu buat anak ikut les sebanyak itu?

Diantara pro dan kontra mengenai FTP, buat gw, FTP ini bukan dijadikan patokan/penentu masa depan. Karena semuanya juga tidak akan ada artinya kalo kita gak menstimulasi anak anak secara terus menerus . Tapi setidaknya bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengoptimalkan minat dan bakat anak anak gw. Sama dengan tes IQ, tes minat & bakat yang pernah gw lakukan jaman sekolah dulu.

Prosesnya singkat, cuma 15 menit paling lama (kalo anaknya bisa diajak bekerjasama, dalam arti tidak rewel dan bisa duduk tenang). Pertama kedua tangan kita diberi titik pada bagian tertentu dengan spidol. Kemudian diambil photo diri, dan mulailah proses memindahkan sidik jari tangan menggunakan alat yang dihubungkan ke sebuah laptop. Sidik jari yang diambil adalah sepuluh sidik jari tangan dengan tampak depan, tampak samping kiri dan kanan dari jari tersebut. Setelah itu selesai, tinggal menunggu hasilnya kurang lebih 5-10 hari. Nanti kita akan dihubungi kembali untuk pengambilan FTP dan konsultasi dengan psikolog selama 1 jam.

Setelah selesai FTP, kita sempat ngobrol sebentar dengan Mbak Rika dari FTP. Mbak Rika sempat memberi komentar singkat tentang sidik jari Dhisa yang sudah diambil. Kalo ngeliat bentuk sidik jarinya, Dhisa termasuk orang yang mudah bergaul dan mudah diatur. Tetapi Dhisa termasuk yang tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Kalo sedang mengerjakan satu hal, bisa saja tiba tiba ingin mengerjakan hal yang lain. Wah kalo masalah tidak fokus ini, memang persis kayak papanya. Nah, pas jari tangan papanya dilihat mbak Rika, memang keliatan kalo papanya juga tidak fokus dan stubborn!!! Huahahahaha... gw cuma bisa ketawa aja pas tau kalo suami gw stubborn. Benerrrrr banget. Malah kata Mbak Rika, dari 10 jari yang diliat kasat mata (mata telanjang), suami gw 7-8 jarinya menunjukkan tanda kalo dia stubborn as a mule!!! Dan emang dia ngakuin juga kalo dia keras kepala.

Nah... sekarang tinggal menunggu 10 hari kedepan untuk melihat hasilnya. Nanti gw sharing lagi...

3 Comments:

Blogger Putri Anisa said...

hai mba sari,...
gmn bentuk dominan sidik jarinya anak2? loop atau apa? wah, lumayan jg y dapet harga 1jt ikut di milis. aku 1,2jt mba. aku link juga ya mba..

4:13 PM  
Blogger Sari said...

putri, aku belum tau loop atau apa. mbak rika cuma dikit banget jelasinnya. nanti hasilnya aku share deh...monggo kalo mau di link :)

5:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

wah mbak, iya nih pas liat di tv itu juga jadi pengen ikutan buat kyra..

ada kolektifan lg gk yah mbak? abisan mahal juga, udah pernah tanya 1,25 jeti..hehehe

ntar hasilnya umumin disini lg yah..

7:50 AM  

Post a Comment

<< Home